header-int

BIMBINGAN DAN KONSELING

Posted by : Administrator
Share

Proses pembelajaran di perguruan tinggi mempunyai beberapa karakteristik yang berbeda dengan di SLTA. Hal utama yang membedakan pembelajaran di perguruan tinggi dengan SLTA adalah kemandirian, baik dalam pelaksanaan pembelajaran maupun dalam pengelolaan diri.

Mahasiswa dituntut untuk lebih banyak belajar mandiri, mencari dan menemukan sumber-sumber belajar secara mandiri, mengkaji dan memperdalam bahan perkuliahan sendiri tanpa banyak diatur, diawasi dan dikendalikan oleh dosen. Dalam pengelolaan hidup, mahasiswa juga telah dipandang cukup dewasa untuk dapat mengatur kehidupannya sendiri.

Dalam merealisasikan kemandirian tersebut, banyak hambatan dan masalah yang dihadapi. Jadi untuk mengembangkan diri, menghindari serta mengatasi hambatan dan masalah yang dihadapi maka diperlukan bimbingan secara intensif dan sistematik dari para dosen/counselor. Secara umum masalah yang dihadapi mahasiswa dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

    • Masalah Akademik merupakan hambatan atau kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengoptimalkan perkembangan belajarnya. Beberapa contoh masalah akademik yang umum terjadi:
  1. Kesulitan dalam mengatur waktu belajar, harus disesuaikan antara banyak tuntutan perkuliahan dan kegiatan lainnya.
  2. Kurang motivasi atau semangat belajar/rendahnya rasa ingin mendalami ilmu/profesi.
  3. Adanya cara belajar yang salah.
    • Masalah Non-Akademik (Sosial/Pribadi) merupakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam mengelola kehidupannya sendiri dan menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial, baik di lingkungan kampus, tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal. Beberapa contoh masalah sosial:
  1. Menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar tempat belajar/tinggal (khususnya bagi mahasiswa pendatang)
  2. Tempat tinggal/kost/pemondokan.
  3. Frustasi dan konflik pribadi
  4. Keluarga.

Unidha Alamat Kampus:
Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144 - Jawa Timur, Indonesia
telp/fax: 0341-193559
email:bakpk@unisma.ac.id website:www.bakpk.unisma.ac.id
© 2018 BAKPK - Universitas Islam Malang Follow Kami di : Facebook Twitter Linked Youtube